“Wah, anaknya sudah dapat makan sendiri!” Pasti Mommy akan merasa bangga jika mendengar decak kagum rekan dan Mommy lainnya ketika berhasil melatih keterampilan makan si kecil yang masih berusia 6 bulan.

Bayi berusia 6 bulan akan fokus kepada setiap benda yang berada di dalam genggaman, bukan tangannya. Ia akan megeksplorasi makanan, benda bahkan kakinya sendiri dengan kedua tangan dan mulutnya. Merekapun memiliki kesenangan baru seperti menarik kakinya dan memasukkan ke dalam mulut dan tidur terlentang.

Pada posisi tengkurap bayi akan meraih benda, meraihnya dengan satu tangan dan memindahkannya ke tangan satunya. Bayipun sudah mahir menjumput menggunakan ibu jari dan telunjuknya dan memasukkannya ke dalam mulut, untuk itu Mommy harus waspada terhadap benda-benda dan remah-remah makanan yang ada di sekitar bayi.   

Inilah saatnya bayi belajar makan sendiri! Berikut tipsnya :

1. Berikan finger food ukuran sedang yang lunak dan mudah hancur di mulut. Misalnya biskuit khusus bayi

2. Untuk bayi yang sudah dapat duduk tegak tanpa di topang, Mommy dapat mendudukan bayi di dalam stroller atau booster seat dan menyangga punggung bayi dengan bantal. Makanan dapat diletakkan di dalam mangkok dan biarkan bayi mengambilnya sendiri

3. Hindari memberi bayi sereal karena bayi belum dapat mengunyah makanan dengan baik

4. Berikan juga mainan agar kegiatan makan lebih menyenangkan. Mainan yang cocok adalah mangkok plastik, mainan yang dapat digenggam dengan satu tangan dan aman untuk digigit.

Happy Parenting!